Bpcbkalimantan.id Supaya nilai pelajaran di sekolah semakin baik, kamu bisa berlatih menggunakan bank soal Kemdikbud kelas 9 Bahasa Indonesia tebaru 2023 berikut ini. Semakin banyak berlatih, maka kamu akan semakin terbiasa dan menghasilkan nilai yang bagus
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya untuk membuat inovasi dalam menyajikan program pendidikan yang lebih menarik. Salah satu program yang ditawarkan adalah menyediakan bank soal Kemdikbud kelas 9 yang menargetkan siswa SMP kelas 9. Adapun bank soal ini juga tersedia di website rumah belajar khusus yang dapat dikunjungi di https://banksoal.belajar.kemdikbud.go.id.
Mempelajari beragam soal berbeda di bank soal Kemdikbud kelas 9 akan membantumu dalam menguasai materi kelas 9 khususnya di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Diketahui, pelajaran Bahasa Indonesia seringkali memiliki pola soal yang berbeda, sehingga harus dipelajari dengan baik. Kamu juga bisa mempelajari contoh soal bahasa indonesia untuk kelas 9 di artikel ini.
Bank Soal Kemendikbud Kelas 9 Bahasa Indonesia
Mengutip Uly Amalia (2015) dari buku Raja Bank Soal Matematika SD kelas 4, 5 dan 6, memahami mata pelajaran saja tidak cukup untuk menghasilkan nilai yang bagus. Apalagi bagi kamu yang sudah duduk di kelas 9 dan harus Bersiap menghadapi ujian. Kamu juga harus berlatih menyelesaikan pertanyaan sehingga keterampilan semakin terasah.
Namun kini tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mempelajari kumpulan soal bank soal Kemendikbud kelas 9 untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut ini beberapa soal yang bisa dipelajari secara mandiri maupun bersama teman.
Lukisan yang diberi judul Kakak dan Adik karya Basuki Adulla mengisyaratkan kesunyian dan rasa sedih. Suasana sedih semakin terasa dengan ekspresi wajah yang jernih, tetapi matanya terlihat kosong. Pakaian sederhana yang berwarna gelap memperlihatkan kedua sosok dalam lukisan tersebut sedang merasa sedih.
1. Kesimpulan dari isi teks di atas adalah
a. Lukisan “Kakak dan Adik” karya Basuki Abdullah mengambil tema persaudaraan
b. Basuki Abdullah menggambarkan ekspresi sedih lewat tatapan kosong sepasang saudara
c. Lukisan karya Basuki Abdullan menceritakan kesedihan serta kesunyian yang dirasakan kakak dan adik
d. Pakaian sederhana di dalam lukisan Kakak dan Adik memancarkan nuansa sepi
Jawaban: C
Erick Thohir diamanatkan untuk menjadi Presiden F..C Internazionale Milano ke-21 pada 2013.
2. Susunan kalimat tersebut kurang tepat, maka yang benar adalah
a. Erick Thohir diamanatkan pada 2013 menjadi Presiden F.C Internazionale Milano ke-21
b. Pada 2013, Erick Thohir diamanatkan menjadi Predisen F.C Internazionale Milano ke-21
c. Erick Thohir menjadi Presiden F.C Internazionale Milano diamanatkan ke-21 pada 2013
d. Pada 2013 Erick Thohir menjadi Presiden F.C Internazionale Milano diamanatkan ke-21
Jawaban: B
Ternyata, jeruk nipis ampuh untuk mengatasi penyakit batuk. Di dalam buah ini terkandung minyak asiri dan kandungan lainnya yang dipercaya mampu mengatur otor pernapasan, sehingga dapat meredakan batuk. Cara penggunaannya dengan meminum campuran air perasan jeruk nipis dan madu, gula, serta kecap untuk mengurangi rasa asam.
3. Gagasan pokok teks di atas adalah
a. Kekurangan jeruk nipis
b. Khasiat jeruk nipis
c. Kandungan zat yang ada di dalam jeruk nipis
d. Cara konsumsi jeruk nipis
Jawaban: B
4. Makna tersirat di dalam teks di atas adalah
a. Jeruk nipis lebih baik daripada jenis jeruk lain
b. Buah jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lain
c. Jeruk nipis memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan
d. Buah jeruk nipis dapat ditanam di halaman rumah
Jawaban: C
Perhatikan teks di bawah ini!
1) Venus adalah salah satu planet di sistem tata surya
2) Venus memiliki ukuran yang sama besar dengan Bumi
3) Warnanya oranye kekuningan dan sedikit kehitaman
4) Venus tergolong planet kedua dari Matahari dan berada di antara Markurius dan Bumi
5) Planet Venus adalah sebuah planet
5. Yang bukan tergolong kosakata teknis atau istilah yang ada di teks tersebut adalah
a. Oranye
b. Planet
c. Sistem tata surya
d. Matahari
Jawaban: A
Kembar Mayang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kita dapat memanfaatkannya sebagai salah satu usaha sampingan. Keuntungannya juga cukup lumayan. Selain itu, kita tidak perlu bersusah payah dalam mencari klien Kembar Mayang. Cukup ikut salon atau dekorasi pengantin pernikahan.
6. Judul laporan yang tepat untuk teks di atas adalah
a. Bagaimana membuat kue
b. Membuat Kembar Mayang
c. Memanfaatkan Kembang Mayang
d. Membutuhkan Kembang Mayang
Jawaban: A
Minyak goreng memiliki banyak kandungan lemak karena kertas yang ditetesi minyak goreng akan berubah menjadi transparan. Santan mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan dengan minyak goreng. Ekstrak ubi rebus memiliki kandungan lemak paling sedikit karena kertas yang ditetesi ekstrak ubi tidak terlihat terlalu transparan.
7. Kutipan isi teks tersebut termasuk dalam bagian
a. Manfaat percobaan
b. Kesimpulan
c. Tujuan percobaan
d. Objek eksperimen
Jawaban: B
Uji vitamin C dapat dilakukan dengan langkah yang pertama menyiapkan alat berupa tabung reaksi. Lalu peneliti menyiapkan ekstrak stroberi dan jeruk. Peneliti kemudian perlu memasukkan larutan yodium ke tabung reaksi. Selanjutnya, tetesi ekstrak stroberi dan jeruk dengan larutan yodium. Tunggu sejenak sampai larutan jernih.
8. Cuplikan isi teks tersebut termasuk bagian dari
a. Cara kerja eksperimen
b. Tujuan percobaan
c. Kesimpulan
d. Objek percobaan
Jawaban: A
Perhatikan dua kutipan teks berikut ini!
Teks 1
Namun harapan tinggal harapan. Sudah bertahun-tahun berlalu sejak masa reformasi bergulir pada tahun 1998, harapan tersebut masih tak kunjung berubah menjadi kenyataan. Ketidakadilan bahkan semakin merajalela di kehidupan sehari-hari. Korupsi mewabah di mana-mana, rakyat juga kian menderita. Dibuai janji manis alam demokrasi, seakan rakyat memiliki kuasa. Padahal semuanya hanya fana.
Teks 2
Jadi dengan tidak adanya polisi tidur, perjalanan akan menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan. Tak ada lagi kekesalan dan sumpah serapah yang keluar dari mulut mereka. Namun mereka tetap diminta berhati-hari karena kehadiran rambu lalu lintas yang ada di sana. Keselamatan semua pihak juga menjadi lebih terjamin.
9. Perbedaan kedua cuplikan teks tersebut adalah
a. Teks 1 berkaitan dengan masalah politik, sementara teks 2 tentang masalah criminal
b. Isi teks 1 banyak menghadirkan fakta, sedangkan teks 2 penuh dengan argumentasi
c. Teks 1 mengungkapkan bagian dari argumentasi, sementara teks masuk ke bagian simpulan
d. Isi dari teks 1 merupakan bagian pengantar, sedangkan teks 2 merupakan kesimpulan.
Jawaban: C
Perhatikan cuplikan teks berikut!
Rasa memiliki warga Bandung pada kotanya juga harus tumbuh di warga daerah lain. Perasaan bahwa Bandung milik bersama harus benar-benar ada dan hidup di setiap warga. Penduduk Bandung bukan hanya orang yang tinggal di Bandung, tetapi orang yang memiliki cinta dan tanggung jawab terhadap tempat tinggalnya.
10. Isu yang terkandung di dalam teks tersebut adalah
a. Kebiasaan baik yang bisa dicontoh warga kota lain
b. Kesadaran warga pada daerahnya
c. Kehidupan masyarakat wilayah perkotaan
d. Keadaan warga di suatu kota
Jawaban: B
Perhatikan kalimat di bawah ini!
Akan tetapi menurut saya, guratan warna yang ada di lukisan tersebut masih belum tepat karena kurang menonjolkan unsur abstrak.
11. Kalimat di atas berisi unsur tanggapan berupa
a. Kritik
b. Sanggahan
c. Saran
d. Penolakan
Jawaban: B
Baca teks di bawah ini!
Memiliki kendaraan pribadi dapat membuat pengendara tidak mengalami kesulitan dalam memilih rute perjalanan yang diinginkan. Berbeda jika kita menggunakan kendaraan umum, seperti kereta api ataupun bus yang harus melalui rute perjalanan yang sudah ditentukan.
12. Kata teknis yang berhubungan dengan isu utama pada cuplikan teks di atas adalah
a. Kendaraan
b. Kereta api
c. Rute
d. Bus
Jawaban: A
Baca teks di bawah ini!
Dari permasalahan itu, ternyata bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas tidak berjalannya materi sastra di sekolah. Namun perlu ditelusuri kembali lebih dalam mengenai kurikulum dari pemerintah di mana pembelajaran sastra hanya ditempel di mata pelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, minat siswa pada sastra sangatlah rendah.
13. Isi teks di atas merupakan bagian dari struktur teks tanggapan kritis
a. Penegasan ulang
b. Deskripsi teks
c. Kesimpulan
d. Evaluasi
Jawaban: A
14. Yang bukan merupakan ciri-ciri teks tanggapan kritis adalah
a. Memakai penilaian subjektif dan objektif
b. Memperlihatkan fakta dan data kualitatif ataupun kuantitatif
c. Terdiri dari pengalaman hidup seseorang
d. Berisi opini penulis secara universal
Jawaban: C
Perhatikan teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 14 dan 15!
Masalah keluasan negara, efesiensi, keamanan, hingga kebanggan adalah alas an yang lebih utama. Oleh karena itu, membeli pesawat kepresidenan relevan demi keamanan, kenyamanan, kebutuhan mobilitas, hingga efektivitas dari kegiatan presiden.
15. Struktur teks argumentasi kritis yang sesuai dengan teks di atas adalah
a. Evaluasi
b. Abstrak
c. Kesimpulan
d. Tafsiran
Jawaban: C
16. Arti kata mobilitas yang ada pada paragraph di atas adalah
a. Gerakan berpindah
b. Bergerak sendiri
c. Seperti Gerakan mobil
d. Gerakan mempercepat
Jawaban: A
17. Pernyataan berisi kecaman dan sering dijelaskan dengan pertimbangan pro dan kontra suatu karya, kebijakan, pendapat, hingga penampilan seseorang disebut
a. Penolakan
b. Pujian
c. Kritik
d. Sanggahan
Jawaban: B
18. Tujuan paragraf diskusi yaitu
a. Memberikan hikmah, gambaran, hingga kisah inspiratif
b. Penggambaran objek
c. Mencari kesepakatan pendapat (gagasan)
d. Menyelesaikan suatu perbedaan
Jawaban: B
Perhatikan kalimat di bawah ini!
Saat ini terdapat banyak berita bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat. Ini karena mereka sudah masuk dengan media… tidak memiliki kecerdasan literasi yang cukup memadai.
19. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi titik-titik itu adalah
a. Tetapi
b. Karena
c. Dan
d. Jika
Jawaban: B
20. Contoh pernyataan fakta pada sebuah eksperimen adalah…
a. Vitamin C dianggap sebagai salah satu vitamin terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh, perannya adalah untuk pertumbuhan dan perbaikan gigi, tulang, kulit, sel, dan lainnya.
b. Kandungan vitamin C di dalam jambu biji diperkirakan mencapai 206 mg.
c. Besaran kandungan vitamin C pada jambu biji adalah 206 mg.
d. Jeruk bukan buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi.
Jawaban: C
21. Tujuan dari kegiatan ekperimen adalah
a. Mengelompokkan, mendeskripsikan, serta memberikan penjelasan fiktif
b. Mengklasifikasi ke dalam kelompok, membuat buku, dan mendeskripsikan
c. Mengurai masalah, mengelompokkan, serta menjelaskan informasi
d. Mendeskripsikan, mengklasifikasi, dan memberikan infomasi faktual berdasarkan fakta
Jawaban: C
Itulah bank soal Kemdikbud kelas 9 Bahasa Indonesia yang bisa dipelajari untuk menghadapi ujian. Selamat belajar dan semangat untuk meraih cita-cita!